Our amazing new site will launch in

Monday, March 4, 2013

Biografi M. Natsir

Bustomi
Kajian Biografi Tokoh
 Jumat/ 6 Juli 2012
M. Natsir merupakan salah satu pahlawan Nasional, mantan Perdana Menteri RI di era demokrasi Liberal periode 1950-1951. Pada kesempatan kali ini akan dibahas dengan holistik bagaimana M. Natsir itu. Pria kelahiran Kota Solok, 17 Juli 1908 itu adalah salah satu tokoh pergerakan nasional yang dilahirkan di tanah minang. Tanah yang telah melahirkan tidak sedikitnya tokoh-tokoh Nasional dan berpengaruh itu. Sebut saja Tan Malaka, Sutan Syahrir, dan M.Hatta yang merupakan kelahiran dari Tanah Minang tersebut. Menurut data statistik, suku  minang merupakan suku yang cukup berkarakter. Dalam artian bahwa karakter islami dari suku minang yang merupakan salah satu suku yang paling sulit untuk dikristenisasi selain suku Aceh, Madura dan Bugis. Beliau adalah putra dari pasangan yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di Zaman Belanda. Beliau adalah anak ketiga dari 4 bersaudara. Pendidikan beliau tempu seluruhnya di sekolah-sekolah Belanda yang didirikan di Indonesia, yaitu mulai dari HIS, MULO, hingga AMS.  Walaupun seluruh pendidikannya dihabiskan disekolah-sekolah Belanda yang berhaluan sekuler, M.Natsir tetap menjadi salah satu tokoh pergerakan yang berhaluan islam. Hal ini dikarenakan proses pendidikan agama di tataran keluarga M. Natsr sendiri sangat kuat tertanam dalam dirinya.
Sifat yang perlu kita contoh dari M. Natsir antara lain salah satu tokoh yang sangat gemar membaca. Tercatat satu bulan beliau bisa membaca 3-4 buku dengan jenis buku kesukaan beliau adalah buku mengenai ideologi dan straegi. Misalnya buku yang pernah beliau baca adalah buku karangan Snouck Hungronje.Seorang AktivisBeliau merupakan seorang aktivis. Di MULO beliau aktif di Jong Islamieten Bond, suatu organisasi kepemudaan khusus mahasiswa islam.Aktivis Dakwah
Selain itu beliau juga merupakan aktivis dakwah. Beliau menulis banyak buku untuk pergerakan islam. Salah satunya dalah buku berjudul Capita Selecta yang secara khusus untuk melawan paham sekulerisme Sukarno. Hampir semua karya beliau digunakan sebagai pedoman masyarakat. Beliau mengamini pendapat Plato yang mengatakan demokrasi itu sistem yang kurang baik, oleh karena itu beliau menctuskan istilah Teo-Demokrasi, suatu sistem demokrasi yang ddsarkan pada penerapan agama.
Idola beliau adalah H. Agus Salim, A.Hassan Ali Shorkandi. Beberapa quotes yang terkenal dari beliau antara lain:
·         “Pilihlah satu dari dua jalan: Islam atau Atheis!”
·         “Islam tidak terbatas pada aktivitas ritual muslim yang sempit.”
·         “Jangan berhenti tangan mendayung, nanti arus membaya hanyut.”
·         “Saya tidak takut masa depan, karena tidak ada bahaya. Masa depan milik umat islam jiak mereka istiqomah baik secara pribadi maupun secara kolektif.”
Mungkin kita selama ini mengenal M.Natsir hanya karena beliau pernah menjabat sebagai Perdana Menteri RI. Akan tetapi beberapa sumbangsih beliau terhadap bangsa Indonesia yang belum kita ketahui antara lain:
1.      Mosi Integral Natsir.  Mosi Intergral Natsir merupakan sebuah hasil keputusan parlemen mengenai bersatunya kembalinya sistem pemerintahan Indonesia dalam sebuah kesatuan yang digagas oleh Mohammad Natsir.
2.      Surat Natsir kepada Perdana Menteri Malaysia, Tun Abdurrahman sebagai jalan pembuka diplomasi Indonseia-Malaysia pasca konfrontasi antara Indonesia-Malaysia pada tahun 1960-an.
Dari kajian biografi singkat ini dapat kita simpulkan bahwa beberapa hal yang  patut kita teladani dari sosok M.Natsir, yaitu beliau merupakan salah satu sosok yang :
·         Organisatris-Aktivis
·         Memiliki sensitivitas sosial yang tinggi yang mendorong beliau terus berkarya
·         Islamis-Demokratis-Nasionalis
·         Sederhana 
        Menulis kemudian berkarya

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Klik link "Subscribe by email" untuk mengetahui balasan komentar/pertanyaan. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! Komentar berisi LINK & tidak sesuai ketentuan akan langsung dihapus. Jangan lupa diisikan nama usernya sebagai identitas untuk berkomunikasi di blog ini.

About Me

My Photo
Kumpulan dari Mahasiswa terpilih di Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Airlangga yang memiliki idealisme dan harapan untuk terbentuknya Indonesia yang Lebih Baik dan Bermartabat serta Kebaikan dari Allah Pencipta Alam Semesta.
Copyright © 2011 Mujahid Ilmu FFR. Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

About

Translator

Cari tahu disini :

Loading...

Blogger news