Langsung ke konten utama

Masa Depan Seni Islami

Zak Sorga
National Leadership Camp 2012 Jakarta 
Sosok yang sangat ramah tersebut membuka materinya dengan salah satu pertunjukan yang sama sekali tidak diduga-duga. Dalam pembukaannya, beliau menampilkan suatu penampilan wayang yang terdiri dari beberapa tokoh. Yang paling teringat adalah sosok Sukrosono yang menjadi adik dari tokoh utama. Isi dari cerita yang disampaikan adalah ada suatu keluarga yang terdiri dari kakak dan adik yang sedang berjalan-jalan di tengah hutan. Darisana mereka memutuskan untuk melanjutkan atau tidak melanjutkan perjalanan. Dikarenakan kegelapan sudah hampir menutupi kehidupan saat itu. Hingga sang adik pun, Sukrosono merasa ketakutan. Sang kakak pun menaungi adiknya hingga ia membawanya terbang untuk pergi kembali ke rumah. Tiba-tiba, beberapa perampok datang menghampiri mereka berdua. Perampok itu menanyakan tentang harta atau jiwanya yang ingin diserahkan. Tanpa memiliki rasa takut pun akhirnya kakak dari Sukrosono melawan mereka tersebut. Bukan hanya perampok biasa, mereka cukup sulit untuk dikalahkan. Hingga kakaknya itu mengeluarkan mantra-mantra pemberian dari ayahnya tersebut. Mantranya adalah menyambukkan sorbannya dan mengucapkan basmalah. Akan tetapi, tetap perampok itu tidak terkalahkan. Tibalah saatnya ketika adzan shubuh tiba. Sambil tetap melawan dan akhirnya disaat itulah dirinya mampu mengalahkan perampok tersebut. Dia pun keheranan, akan tetapi ia bergegas langsung untuk menemui adiknnya tersebut. Ternyata adiknya sudah dikelilingi oleh hewan-hewan buas. Anehnya lagi, hewan-hewan itu malah ikut berzikir bersama Sukrosono. Setelah itu pun mereka langsung bergegas untuk menemui ayahnya dan menceritakan apa yang terjadi tersebut. Pelajaran yang dapat diambil dari cerita tersebut adalah bagaimanapun kondisi kita, ketakutan itu bukan suatu alasan jikalau kita sudah dekat dengan Allah. Ketika kakak Sukrosono tidak mampu mengalahkan perampok itu sebelum waktu shubuh, itu menandakan bahwa hati pun perlu didatangkan. Pada saat kita mengingat Allah, apa yang kita doakan untuk melawan kejahatan Insya Allah bisa terkabul.  Hadirkanlah hati kita untuk selalu mengingat kepada Allah agar apa yang kita doakan bisa terkabulkan oleh-Nya. Meski Zak Sorga merupakan seniman muslim, tapi dia menyadari bahwa kehadirannya tersebut masih dikatakan jarang. Hal itu membuat penerapan Islam ke dalam seni jarang bisa ditemui. Sedangkan, media seni tersebut cukup mengena ke segala kalangan masyarakat. Hingga saat ini, dirinya banyak mengisi kegiatan-kegiatan bagi anak-anak dan mengasuh suatu paguyuban teater bagi anak-anak. Harapannya bahwa ketika peserta NLC 2012 sudah mendapatkan kedudukan yang strategis, mampu mengembalikan kembali kesenian Islam yang sudah hampir hilang tersebut.

Postingan populer dari blog ini

Kajian Ukhuwah

Ustadz Nuri Program Lokal  Kamis/ 5 Juli 2012/ 05.00 WIB
Hati merupakan suatu cerminan dari diri seseorang. Ketika hatinya baik maka seluruh tubuhnya pun akan menjadi baik pula. Sebaliknya, ketika hati itu buruk maka semua sikap yang ia tampakan akan menyesuaikan dengan hatinya. Oleh karenanya segumpal daging yang ada di dalam tubuh kita itu harus dijaga kesuciaannya. Hati menjadi sesuatu yang menentukan dari apa yang kita kerjakan. Sebagaimana yang Allah firmankan :
Dan barang siapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui.(QS. Al-Baqarah :158)

Biografi M. Natsir

Durasi : 3 Menit

M. Natsir merupakan salah satu pahlawan Nasional, mantan Perdana Menteri RI di era demokrasi Liberal periode 1950-1951. Pada kesempatan kali ini akan dibahas dengan holistik bagaimana M. Natsir itu. Pria kelahiranKota Solok, 17 Juli 1908 itu adalah salah satu tokoh pergerakan nasional yang dilahirkan di tanah minang. Tanah yang telah melahirkan tidak sedikitnya tokoh-tokoh Nasional dan berpengaruh itu. Sebut saja Tan Malaka, Sutan Syahrir, dan M.Hatta yang merupakan kelahiran dari Tanah Minang tersebut.