Langsung ke konten utama

Resensi 2 : ENRICH YOUR LIFE EVERYDAY



 JUDUL BUKU
:
ENRICH YOUR LIFE EVERYDAY

PENGARANG
:
ARIBOWO PRIJOSAKSONO & IRIANTI ERNINGPRAJA
PENERBIT
:
ELEX MEDIA KOMPUTINDO
JUMLAH HALAMAN
:
Xxii + 200
BULAN-TAHUN TERBIT
:
Mei 2003

DAFTAR ISI
Ucapan Terima Kasih - vii
Daftar Isi – ix
PROLOG : Spiritualitas dan Kualitas Hidup – xi
BAGIAN PERTAMA : RENUNGAN (SPIRITUAL THOUGHTS) - 1
BAB 1 : Lahirlah Kembali – 3
BAB 2 : Lihatlah Kebesaran Tuhan – 17
BAB 3 : Tak Terlihat Bukan Berarti Tak Ada – 25
BAB 4 : Engkau Bebas Memilih – 37
BAB 5 : Hiduplah berimbang – 45
BAGIAN KEDUA : KEBIASAAN HARIAN (SPIRITUAL WORKOUTS) – 57
BAB 6 : Peliharalah Tubuhmu – 59
BAB 7 : Bersihkan Diri dan Batinmu – 75
BAB 8 : Relaksasi : Menurunkan Frekuensi Gelombang Otak – 91
BAB 9 : Meditasi : Menuju Kesadaran Tertinggi
BAGIAN KETIGA : PERILAKU SPIRITUAL (SPIRITUAL BEHAVIOUR) – 113
BAB 10 : Santailah dan Jangan Cemas – 115
BAB 11 : Jalinlah Hubungan Baik : 127
BAB 12 : Bekerja dan Cintai Pekerjaanmu – 139
BAB 13 : Memberi dan Mengucap Syukur – 149
BAB 14 : Kuasai dan Kendalikan Dirimu – 155
BAB 15 : Jangan Beri Tempat Untuk Amarah – 161
BAB 16 : Rela Memaafkan – 171
BAB 17 : Pasrah – 181
BAB 18 : Rendah Hati – 189
EPILOG : Kasih adalah Segalanya - 197

RESENSI BUKU
Banyak sekali di antara kita yang menganggap bahwa spiritual adalah agama. Padahal sesungguhnya hal tersebut sangat berbeda. Spiritual merupakan dimana manusia merasakan secara “sadar” tentang hakikat ia diciptakan, siapa dirinya sebenarnya, dimana tempat kita berada di alam semesta dan kemanakah tujuan hidup kita. Buku ini sedikit membawa kita untuk menyelami wilayah spiritual yang ada dalam diri kita. Allah pun menciptakan manusia sebagai makhluk spiritual dan mengaruniakan kepadanya kekuatan-kekuatan dasyat yang dapat digunakan untuk membangun kehidupan yang berkelimpahan. Untuk lebih menyikapinya dengan spiritual yang cerdas, perlu adanya perenungan, dan pencarian perjalanan-perjalanan hidup. Aribowo Prijoaksonodan dan Irianti Erningpraja mencoba berbagi akan keyakinan awal tersebut. Tidak melangkahi proses tersebut, akhirnya mereka mampu membagi hasil dari pencariannya itu. Aribowo adalah seroang pakar dan praktisi pengembangan diri serta penulis buku serial self management, pembicara seminar maupun pelatihan di bidang soft skills dan personal skills. Pengalaman profesionalnya selama 15 tahun menjadi dosen, konsultan, birokrat maupun wirausaha telah memberikan wawasan yang cukup luas dan beragam tentang hakikat dan makna kehidupan. Sedangkan penulis lainnya yaitu Irianti Erningpraja adalah seorang presenter TV, penyanyi dan pencipta lagu yang pernah menjuarai di beberapa festival. Banyak lagu telah diciptakannya. Selain itu, penulis perempuan ini pun menjadi kontributor aktif dari buku serial manajemen diri ini.
Judul buku ini adalah “Enrich Your life everyday”, dimaksudkan untuk dapat memperkaya kehidupan spiritual kita sehingag kita menjadi manusia yang memiliki spiritual tinggi. Meski demikian, buku ini hanya sebuah wahana berbagi yang dituangkan oleh kedua penulis tersebut. Alasannya datang dari keinginan penulis untuk membantu orang-orang yang dicintai untuk berubah menjadi lebih baik, dan pada gilirannya untuk mengubah bangsa ini dan menjadi pemimpin dalam tataran bangsa-bangsa lain di dunia. There is more to life than what you have now. Ungkapan itulah yang menjadi pembuka judul buku tersebut. Sebuah fakta yang masih banyak orang mencarinya. Dengan begitu, cukup membuat banyak mata tertuju pada buku ini. Buku tentang spiritual development ini pun merupakan hasil dari renungan dan kebiasaan menuju kecerdasan spiritual.
Buku ini dibagi dalam tiga bagian, yaitu bagian pertama Spiritual thoughts,berisi tentang renungan-renungan tentang hakikat berbagai hal spiritual. Bagian kedua adalah spiritual workouts. Salah satu upaya untuk membuat suatu kebiasaan positif dalam membangun tingkat spiritual yang tinggi dan baik. Isinya meliputi kebiasaan harian yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual seperti melakukan streching, deep breathing, detoxifying, relaxing at alpha state, dan meditasi. Bagian terakhir buku ini adalah spiritual behaviors, yang berisi perilaku spiritual yang perlu dikembangkan oleh setiap manusia. Hal itu meliputi pengendalian diri, beramal dan mengucap syukur, rela memaafkan, pasrah, rendah hati, tidak cemas, menjalin hubungan baik, and mencintai pekerjaan kita. Dengan penyajian yang simpel dan memiliki gaya pemikiran sedang pulalah buku ini mampu dirasakan oleh kalangan bawah hingga elit. Hal itu hanya dilandasi pada keinginan pembaca saja yang ingin memperkaya khasanah spiritual intelligence-nya. Meski sedang, setiap pembahasan yang disampaikan sangat mudah untuk dicerna. Selain itu pun, buku ini dilengkapi dengan quote-quote yang datang dari tokoh-tokoh terpopuler. Sangat kental sekali pengalaman-pengalaman yang coba dituangkan penulis dalam buku ini menjadikannya seolah-olah kita ikut mengalami pengalaman tersebut. Ditambah lagi dengan adanya cerita-cerita yang menginspirasi di setiap babnya. Sayangnya buku ini akan lebih cantik lagi bila dihiasi dengan gambar-gambar ilustratif yang bisa membuat pembaca terhanyut dalam mengilustrasikan setiap esensi yang ingin disampaikan penulisnya. Meski demikian, buku ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang telah kehilangan spirit dalam mencari hakikat kehidupan ini. Tanpa mengenyampingkan aspek keagamaan pun buku ini cukup lengkap dan aplikatif.

Postingan populer dari blog ini

Kajian Ukhuwah

Ustadz Nuri Program Lokal  Kamis/ 5 Juli 2012/ 05.00 WIB
Hati merupakan suatu cerminan dari diri seseorang. Ketika hatinya baik maka seluruh tubuhnya pun akan menjadi baik pula. Sebaliknya, ketika hati itu buruk maka semua sikap yang ia tampakan akan menyesuaikan dengan hatinya. Oleh karenanya segumpal daging yang ada di dalam tubuh kita itu harus dijaga kesuciaannya. Hati menjadi sesuatu yang menentukan dari apa yang kita kerjakan. Sebagaimana yang Allah firmankan :
Dan barang siapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui.(QS. Al-Baqarah :158)

Biografi M. Natsir

Durasi : 3 Menit

M. Natsir merupakan salah satu pahlawan Nasional, mantan Perdana Menteri RI di era demokrasi Liberal periode 1950-1951. Pada kesempatan kali ini akan dibahas dengan holistik bagaimana M. Natsir itu. Pria kelahiranKota Solok, 17 Juli 1908 itu adalah salah satu tokoh pergerakan nasional yang dilahirkan di tanah minang. Tanah yang telah melahirkan tidak sedikitnya tokoh-tokoh Nasional dan berpengaruh itu. Sebut saja Tan Malaka, Sutan Syahrir, dan M.Hatta yang merupakan kelahiran dari Tanah Minang tersebut.