Langsung ke konten utama

Masalah Angkutan Nasional, Ingatkah Kita?

Tidak banyak orang yang peduli pada tanggal 24 April. Hari itu layaknya hari-hari biasa, tidak ada yang merayakannya. Pasalnya hanya orang-orang tertentu saja yang tahu bahwa 24 April merupakan Hari Angkutan Nasional. 
Perlu disayangkan juga, informasi mengenai Hari Angkutan Nasional sendiri sangat sulit untuk didapatkan. Paling tidak, adanya pengetahuan mengenainya akan mampu membuat kita sejenak mengevaluasi seputar hari tersebut. Tentunya, akan lebih baik lagi bila pengetahuan yang diperdalam bisa lebih memaknai peranan transportasi umum bagi sebuah bangsa.

Terlepas dari kapan Hari Angkutan Nasional itu diselenggarakan, lebih perlu lagi diperhatikan esensinya. Sebuah makna yang belum bisa dipecahkan oleh kita bersama menyangkut urgenitas sarana angkutan. Yaitu, penyediaan sarana transportasi massal yang nyaman dan aman bagi masyarakat. Padahal masalah tersebut merupakan hal yang vital di samping sarana infrastruktur pendukung lainnya demi memaksimalkan kegiatan ekonomi, sosial, budaya, dan pemerintahan.

Angkutan atau sarana transportasi bukan hanya menjadi alat bantu saja. Akan tetapi menjadi sangat vital apabila dihubungkan dengan masalah membludaknya jumlah kendaraan bermotor. Ditambah pula dengan minat konsumen terhadap angkutan yang minim dikarenakan suatu pelayanan yang ada di dalamnya.

Banyak usaha yang dilakukan untuk memberikan pelayanan seperti menghemat biaya operasional. Hal itu dilakukan pemerintah dengan mulai merancang berbagai kendaraan. Seperti mobil nasional Putra Petir. Akan tetapi, nampaknya banyak yang belum membahas bagaimana memaksimalkan angkutan massal yang sudah ada dengan pelayanan maksimal.

Ini tidak lepas dari sedikit kritik mengenai Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sendiri, yang memiliki jumlah kendaraan cukup padat di setiap parkirannya. Hal ini perlu pengkajian jikalau ITS ingin tetap menerapkan status Eco Campus. Pasalnya, kuantitas kendaraan yang berada di kampus akan sebanding dengan zat pencemar lingkungannya.

Oleh karena itu, pemanfaatan kendaraan massal menjadi salah satu alternatif yang mungkin bisa diandalkan. Di sisi lain memang ITS terlihat memiliki kendaraan massal yang hanya digunakan untuk kegiatan-kegiatan tertentu saja.

Dengan menerapkan suatu sistem angkutan massal di area kampus, maka budaya berangkutan massal akan bisa dikembangkan. Bahkan bisa turut meminimalisir terjadinya kehilangan kendaraan.

Walau tidak tidak ada perayaan khusus, ada baiknya kita turut ingat untuk memikirkan sebuah solusi mengenai angkutan nasional. Yakni sebuah sistem yang mampu memberikan pelayanan bagus dan aplikatif di lingkungan masyarakat Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Save Bonus Demografi!

S edikit keluar dari keseharian seorang mahasiswa teknik, perlu adanya perenungan terhadap fenomena hangat zaman ini. Sebuah anugerah atau mungkin musibah yang akan diterima bangsa ini. Sebuah kado dari Tuhan yang entah siapa yang memintanya. Bahkan, tidak ada yang pernah menyadari akan kemurahan yang diberikan-Nya itu kepada Bangsa Indonesia. Setiap masalah yang melanda negeri ini, membuat banyak pikiran terdistribusi untuk ikut menyelesaikan. Baik masalah yang bersifat klasik, hingga permasalahan yang 'dibuat-buat' manusia. Seperti halnya bencana alam yang memporak-porandakan tanah air, bentrok yang memecah belah persatuan bangsa, dan korupsi yang menjamur di mana-mana. Akan tetapi, hal seperti itu perlu disikapi dari sudut pandang yang berbeda. Menyelesaikan masalah dengan melakukan berbagai cara yang bersifat preventif. Dalam hal ini selalu berpikir visioner dalam bertindak. Bonus demografi adalah adalah istilah kependudukan untuk menggambarkan tersedianya

Pekerjaan Hati

 Durasi : 1 menit Sumber : drjuanda.com Cukuplah semua itu bermuara di hati yang terdalam Tak perlu kau umbar seperti halnya hitam yang kelam Kau menginginkan siang, tapi kau dapati malam Begitulah dunia yang dipenuhi hukum alam

Andai Engineer menjadi Ketua KPK

kezaliman pun seiring bertambahnya waktu semakin memuncak. Itulah korupsi yang sudah meradang akut di Negeri ini. Akan tetapi, saya memiliki kepercayaan bahwa selagi dunia masih berputar, masih ada peluang saya untuk merubahnya. Bukan pengharapan dari manusia berupa materiil dan ucapan terima kasih, tapi hanya ridho Allah saja yang menjadi tujuan perjalanan akhir.  Seperti pantulan bola tenis, adakalanya ia memuncak dan menurun. Begitu pula dengan korupsi yang   akan mengalami pasang surut dari masa ke masa. Korupsi akan merosot menurun hingga titik nolnya. Indonesia yang bersih dari korupsi itu akan terwujud ketika saya menjadi   Ketua KPK, seorang calon sarjana Teknik yang cerdas, amanah, dan kreatif. Memberikan pencerdasan kepada seluruh elemen masyarakat, menjadi salah satu upaya untuk menghalau korupsi. Dari sana, peran dari KPK untuk memonitor penyelenggaraan pemerintah negara bisa lebih kuat. Karena kepedulian akan korupsi bisa   meningkat. Semua orang turut menga