Langsung ke konten utama

Program Pembinaan PPSDMS



 Adi Wahyu Adji, S.Si
National Leadership Camp 2012 Jakarta


·         Inspirasi terbentuknya PPSDMS :
a.      Keberadaan Jesuit
Ordo Jesuit ini adalah salah satu organisasi pembinaan bagi pemeluk Kristen yang diorientasikan menjadi pemimpin masa depan.
b.      Inspirasi kos HOS Tjokroaminoto
Di dalam rumah tersebutlah muncul beberapa tokoh berpengaruh Nasional seperti Ir. Soekarno yang nasionalis, Muso dengan komunisnya, dan Kartosuwirjo yang religius.
c.       Islamisasi Turki
Turki adalah Negara Sekuler, dengan kepemimpinan Erdogan yang kemudian mampu membuat Turki lebih Islami. Salah satunya dengan adanya Undang-undang terkait penggunaan jilbab yang baru disahkan.
d.      Idealisme Kami
Ketika sedang futur, dengan mengingat-ingat idealisme kami jiwa menjadi tergugah. Itulah spirit yang tersimpan secara alami di dalam untaian kata penuh makna tersebut.

·         PPSDMS dilaunching pada tanggal 3 Agustus 2002. Saat pertama kali dilaunching PPSDMS hanya memiliki 1 regional putra (UI) dengan peserta 20 orang, saat ini telah ada 5 regional putra dan 2 regional putri dengan jumlah peserta 220 orang. Sebuah perkembangan yang begitu pesat.
·         Untuk menghandel institusi besar ini, PPSDMS mensinergikan tiga bidang:
1.      Bidang Program
Menjadi pusat penyelenggaraan kegiatan bisnis atau core bussiness PPSDMS
2.      Bidang Kemitraan
Menjadi ujung tombak networking dan financial gathering.
3.      Bidang Alumni.
Sebuat tonggak mobilitas vertikal para alumni untuk menduduki jabatan-jabatan strategis.

·         Menikah dengan PPSDMS merupakan suatu filsosofi yang mengandung makna :
1.      Berkumpul   
Asrama PPSDMS menjadi tempat berkumpulnya bermacam potensi dan kekuatan. Terutama potensi milik para pesertanya. Menjadi pusat pergerakan dari aktivitas-aktivitas.
2.      Bergabung
Ikatan emosional peserta dengan institusi PPSDMS.
3.      Menggulung
Memahami segala dinamikan di dalam asrama serta mau berkorban untuk terus melakukan perbaikan.
4.      Menindih
Rasa bersalah dan tertekan ketika tidak menjadi peserta PPSDMS yang tidak memegang teguh idelisme.
·          Filosofi menikah itulah yang akhirnya memunculkan komitmen untuk menyuguhkan yang terbaik bagi institusi. Baik dari pengurus maupun peserta. Kami berkejaran untuk menikah!” ungkap Manager Program PPSDMS NF, bang Adji.
·         Harapannya, munculah empat jati diri yang harus dimiliki oleh peserta PPSDMS :
1.       Aktivis Islam
2.      Aktivis Pergerakan
3.      Mahasiswa Berprestasi
4.      Menjunjung kebersamaan dan kekeluargaan.

·         Hal yang bisa didapatkan adalah religious activity, social politic engagement, academic excellent, scientific discourse, dan professional syndicate.
Dengan adanya angkatan-angkatan yang sudah beberapa generasi, harus menjadikan angkatan 6 mampu melompat lebih tinggi lagi. Begitulah penutup yang disampaikan oleh Bang Adji kepada seluruh peserta NLC 2012, yaitu angkatan 6 PPSDMS NF.

Postingan populer dari blog ini

Kajian Ukhuwah

Ustadz Nuri Program Lokal  Kamis/ 5 Juli 2012/ 05.00 WIB
Hati merupakan suatu cerminan dari diri seseorang. Ketika hatinya baik maka seluruh tubuhnya pun akan menjadi baik pula. Sebaliknya, ketika hati itu buruk maka semua sikap yang ia tampakan akan menyesuaikan dengan hatinya. Oleh karenanya segumpal daging yang ada di dalam tubuh kita itu harus dijaga kesuciaannya. Hati menjadi sesuatu yang menentukan dari apa yang kita kerjakan. Sebagaimana yang Allah firmankan :
Dan barang siapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui.(QS. Al-Baqarah :158)

Biografi M. Natsir

Durasi : 3 Menit

M. Natsir merupakan salah satu pahlawan Nasional, mantan Perdana Menteri RI di era demokrasi Liberal periode 1950-1951. Pada kesempatan kali ini akan dibahas dengan holistik bagaimana M. Natsir itu. Pria kelahiranKota Solok, 17 Juli 1908 itu adalah salah satu tokoh pergerakan nasional yang dilahirkan di tanah minang. Tanah yang telah melahirkan tidak sedikitnya tokoh-tokoh Nasional dan berpengaruh itu. Sebut saja Tan Malaka, Sutan Syahrir, dan M.Hatta yang merupakan kelahiran dari Tanah Minang tersebut.